Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi

Universitas Gunadarma

Infrastruktur TIK

Infrastruktur ICT dan Layanan Informasi Akademik Berbasis Intrenet

Sistem jaringan komputer di Universitas Gunadarma digunakan untuk menghubungkan seluruh kampus Universitas Gunadarma yang tersebar di beberapa lokasi dengan Virtual Private Network (VPN) dan menghubungkan ke Internet. Gambar berikut mengilustrasikan keterhubungan antar kampus.

Pada gambar di atas, keterhubungan masing-masing lokasi terhubung dengan beberapa teknologi, yaitu MPLS (dengan kecepatan 128Kbps s/d 768 Kbps) dan Wireless (dengan kecepatan 10-20 Mbps). Kecepatan koneksi jaringan komputer untuk Internet adalah29 Mbps. Kecepatan koneksi tersebut hingga saat ini masih sangat menunjang kebutuhan pengiriman dan penerimaan data. Infrastruktur jaringan komputer dikembangkan untuk menghubungkan seluruh kampus sebagai satu sistem yang terintegrasi sehingga mempermudah dan mempercepat operasional akademik maupun maupun pengaksesan sumber bahan ajar. Infrastruktur perangkat lunak yang ada merupakan aplikasi dalam kesatuan sistem informasi Universitas Gunadarma. Sistem tersebut terbagi dalam tiga golongan, yaitu:

  • Sistem Korporasi : Otomasi Perkantoran (Staffsite atau mailstaff), sistem kepegawaian, sistem keuangan.
  • Sistem Akademik : Sistem penerimaan mahasiswa baru, sistem administrasi akademik (registrasi mata kuliah, nilai, absensi kuliah), e-Learning, perangkat lunak laboratorium, digital library, career center dan e-journal.
  • Sistem Komunitas : Forum, student site maupun jaringan penelitian.

Sistem Informasi dikembangkan dengan model sistem terpusat, seperti terlihat pada gambar di atas. Sistem tersebut dapat dijalankan maupun diperbaharui informasinya secara terdistribusi dari berbagai lokasi, sehingga meningkatkan usabilitas (ketergunaan) sistem dan mempercepat pembaruan Informasi yang disediakan. Pembentukan sistem informasi terpusat ditujukan untuk memudahkan dalam perawatan dan kendali sistem informasi, sehingga jaminan keamanan dan integritas Informasi tercapai.

Dalam gambar di bawah ini, seluruh sumber data aplikasi sistem ditempatkan secara terpusat dan dapat diperbaharui dari beberapa lokasi pada setiap saat. Aplikasi sistem yang disediakan bersifat terpusat terdiri dari sistem administrasi akademik, sumber ajar elektronik dalam bentuk aplikasi virtual class (http://v-class.gunadarma.ac.id), virtual laboratory (http://uglab.gunadarma.ac.id), sistem informasi manajemen keuangan yang terkoneksi dengan perbankan, sistem kolaborasi sebagai otomasi perkantoran (staffsite: https://nustaffsite.gunadarma.ac.id) termasuk elektronik mail, career center (http://career.gunadarma.ac.id), studentsite (http://studentsite.gunadarma.ac.id), situs universitas, digital library (http://library.gunadarma.ac.id), electronic journal (http://e-journal.gunadarma.ac.id), dan situs resmi Universitas Gunadarma (http://www.gunadarma.ac.id).

Proses Belajar Mengajar Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi

Universitas Gunadarma sudah menerapkan proses belajar-mengajar dengan pendekatan yang lebih inovatif dan interactive. Hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwa proses belajar-mengajar tidak hanya sebatas tatap muka di kelas atau laboratorium dengan tempat dan waktu yang terbatas. Dengan fasilitas ini, peserta pelatihan diharapkan akan tetap melakukan kegiatan pembelajaran secara mandiri, lebih bersifat personal dan berkesinambungan sehingga pemahaman, cakupan, kedalaman materi bisa lebih ditingkatkan.

E-learning (electronic learning) adalah fasilitas pembelajaran elektronik yang digunakan untuk membantu mahasiswa memahami suatu materi ajar. E-learning menyediakan materi pembelajaran yang dilengkapi dengan audio visual yang dapat memberikan gambaran suatu konsep lebih jelas (dilengkapi dengan contoh visual yang lebih komunikatif). Pemanfaatan e-learning akan memberikan manfaat pada peningkatan daya kognitif mahasiswa dalam memahami konsep materi ajar. Semakin banyak fasilitas e-learning yang disediakan maka semakin besar kemungkinan mahasiswa dapat memahami konsep materi ajar yang lebih cepat dan efektif. Materi e-learning terdiri dari CD Interaktif, maupun virtual class (yaitu pembelajaran secara online melalui Internet) serta electronic journal. Penerapan E-learning dalam proses belajar-mengajar di Universitas Gunadarma merupakan salah satu tugas dari E-Learning Center, yang mulai aktif sebagai unit baru mulai 25 Maret 2007.Implementasi E-learning tersebut dapat dilihat pada portal e-learning dengan alamat http://elearning.gunadarma.ac.id.

Staffsite Dosen. Setiap dosen pengajar di Universitas Gunadarma perlu memanfaatkan digital locker untuk dosen- dikenal sebagai situs staffsite yang merupakan homepage resmi dosen, untuk media informasi dan komunikasi dari dosen yang bersangkutan ke civitas academica atau masyarakat. User ID dan password dari staffsite tersebut merupakan kode akses ke semua layanan informasi dan pembelajaran berbasis web atau disebut juga single identity policy.

Situs dosen dapat digunakan sebagai fasilitas diseminasi sumber ajar kepada mahasiswa, di mana dosen dapat menyediakan sumber ajar maupun sumber ilmu pengetahuan lainnya yang dapat diakses oleh mahasiswa. Hal ini akan mempermudah dan mempercepat pemberian materi ajar sehingga mahasiswa dimungkinkan dapat memahami materi kuliah sebelum kuliah diberikan.

Homepage resmi staff Universitas Gunadarma tersebut memberikan berbagai layanan yaitu (a) Biodata pribadi, (b) latar belakang pendidikan, (c) pengalaman dalam bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat, (c) informasi untuk mahasiswa, (d) upload bahan ajar untuk mahasiswa, (e) informasi dari insitusi, (f) forum diskusi, (g) pengelolaan jadwal kegiatan, (h) informasi homepage, emailm dan blog dari dosen lain, serta (i) blog.

PSMA Online. Akses Informasi Akademik Berbasis TIK, yang diwujudkan dengan adanya Pengembangan Sistem Manajemen Akademik (PSMA) Online. Mahasiswa bisa mengisi KRS sendiri secara langsung ke Terminal Komputer, yang dipandu oleh Pembimbing Akademik dan Penasehat Akademik yang ditunjukan untuk masing-masing kelas. Selain itu, PSMA online mencetak KRS dan kartu mahasiswa yang sudah dilengkapi dengan teknologi smartcard, RFID, dan alat pembayaran elektronik yang implementasinya bekerja sama dengan pihak Bank.

Student Digital Locker atau Student Site. Setiap mahasiswa Universitas Gunadarma wajib menggunakan digital locker yang disebut situs studentsite, untuk mengakses layanan informasi dan pembelajaran secara elektronik. User ID dan password dari studentsite tersebut merupakan kode akses ke semua layanan informasi dan pembelajaran berbasis web atau disebut juga single identity policy.

Situs mahasiswa (studentsite) disediakan untuk memperoleh informasi dari dosen maupun program studi yang dapat secara langsung diketahui melalui situs mahasiswa tersebut. Situs ini dapat digunakan untuk mendukung proses belajar-mengajar yaitu melalui (a) informasi jadwal kuliah dan ujian, (b) informasi atau tugas dari dosen, dan (c) Daftar Nilai Sementara (DNS). Selain itu, USER ID dan password pada studentsite ini dapat digunakan untuk mengakses layanan ICT lainnya yaitu UG-Hotzone, Internet Lounge, Integrated Lab, Career Center, dan E-Learning Center.

Career Center. Fitur layanan career center mencakup (1) basis data electronik- Alumni bisa mengakses dan mengupdate biodata atau profilnya melalui internet; (2) Electronic job maching – Perusahaan dapat memiliki account dan mengisi profil usahanya serta mengirimkan lowongan kerja yang dapat diakses oleh alumni Universitas Gunadarma; (3) E-Magazine – Media pembelajaran dan sharing pengalaman antar alumni yang rubriknya meliputi tips and trick, technology update, cerita sukses alumni, konsultasi; serta (4) Electronic tracer study – Salah satu metode untuk mengetahui kompetensi alumni di dunia kerja sekaligus memperoleh umpan balik untuk perbaikan kurikulum. Berbentuk kuisoner elektronik yang diisi oleh alumni dan perusahan pengguna alumni Gunadarma

Layanan Career center dapat dilihat di http://career.gunadarma.ac.id. Sampai saat ini jumlah alumni Universitas Gunadarma sudah mencapai lebih dari 53.176 orang, yang basis data elektronic-nyab dapat dimutakhirkan secara online di career center. Jumlah perusahaan- yang mencari lulusan yang siap bekerja, yang sudah teregistrasi di career center tercatat sebanyak 2058 perusahaan. Selain fasilitas dalam bentuk aplikasi berbasis web, Universitas Gunadarma juga telah memiliki stasiun TV(UG-TV) dan stasiun radio (UG-RADIO) untuk komunitas dan tabloid (UG-NEWS) sebagai media penyebaran Informasi Kampus.

Sebagai penunjang kompetensi mahasiswa dan dosen, Univeristas Gunadarma juga menjadi tempat pelatihan bersertifikasi, yaitu Oracle, CCNA (Cisco), dan Sun Microsystem. Selain itu fasilitas uji sertifikasi tingkat nasional dan internasional seperti Internet Based Test TOEFL (IBT) dan uji ahli manajemen asuransi (bekerjasama dengan Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia AAMAI) juga telah tersedia.

Berbagai fasilitas pembelajaran dan akses informasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi tersebut telah menjadikan Universitas Gunadarma sebagai perguruan tinggi terdepan di Indonesia, dan telah diakui di tingkat internasional. Pengakuan tersebut terlihat dari peringkat Universitas Gunadarma yang menempati peringkat ke 3738 dunia dan ke-81 se ASEAN berdasarkan laporan Webometric Ranking of World University. Universitas Gunadarma merupakan satu dari 17 Perguruan Tingggi Negeri dan Swasta di Indonesia yang masuk dalam Top 5000 di tingkat dunia dalam penerapan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasidalam proses belajar-mengajar dan pengelolaan perguruan tinggi.